Langkah Keselamatan Di Dapur

Memasak adalah hoby bagi beberapa orang, tetapi memasak yaitu satu keharusan bagi beberapa ibu rumah-tangga. Sehari-hari mereka mesti berjibaku dengan dapur dan semua perlengkapan didalamnya untuk memproses bahan dan membuatnya makanan lezat untuk di nikmati suami dan anak-anak. Tetapi sadarkan Anda kalau di dapur banyak juga bahaya meneror, karena di sini ada sangat banyak benda tajam dan beresiko. Hingga penting bagi kita untuk selalu siaga supaya terlepas dari beragam hal jelek.

Image result for koki

Keselamatan yaitu hal penting yang perlu di perhatikan dalam melakukan semua kesibukan, tak kecuali juga dalam memasak di dapur. Di bawah ini yaitu sebagian tips yang bisa diikuti sebgai langkah keselamatan di dapur :

Mengerti apa yang perlu dikerjakan

Seperti kesibukan yang lain, memasak juga diperlukan ketrampilan supaya dapat terwujud masakan dengan cita rasa lezat. Bukan sekedar itu saja, Anda harus juga bijak dalam memakai perlengkapan, tahu apa yang perlu dikerjakan. Ini yaitu prasyarat pertama untuk meyakinkan keselamatan sepanjang bekerja di dapur.

Bekerja dengan perlengkapan yang tepat

Bersamaan dengan perubahan saat, perlengkapan dapur juga selalu berinovasi. Sekarang ini begitu gampang untuk dapat temukan bermacam jenis perlengkapan dapur dari mulai yang paling simpel sampai perlatan dapur berteknologi mutakhir. Apa pun jenis perlengkapan yang dipakai, yakinkan Anda memakainya dengan bijak dan pas sesuai sama prosedur pemakaian.

Memakai peralatan safety diri

Seperti pekerja yang lain, saat bekerja di dapur juga direferensikan untuk memakai alat pelindung diri salah satunya yaitu sarung tangan untuk mengangkan perlengkapan dapur yang panas, clemek supaya pakaian atau badan tak terserang percikan minyak panas, sayur ataupun masakan yang lain, topi koki membuat perlindungan rambut sekalian untuk menghindar rambut rontok dan jatuh dalam masakan, sepatu safety koki supaya tak gampang tergelincir dsb.

Bijak memakai kompor dan kelistrikan

Kompor dan alat-alat bertenaga listrik yaitu dua hal yg tidak dapat dijauhi saat bekerja di dapur. Hati-hatilah, melindungi jarak dan memakainya dengan bijak untuk hindari luka bakar atau sengat listrik.

Taruh perlengkapan ditempat aman

Perhatikan juga area untuk menyimpan perlengkapan dapur, terlebih perlengkapan dapur yang berbentuk tajam seperti pisau. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Tata letak yang tepat

Untuk keselamatan dan kenyamanan sepanjang bekerja di dapur, yakinkan tata letak perlengkapan dan ruang ditata dengan baik. Berikanlah space yang cukup untuk hilir mudik.

Perhatikan kebersihan

Bersihkan dinding dapur, perlengkapan memasak dan perabotan lain selesai memasak supaya tak ditumbuhi jamur atau bakteri beresiko. Mengepel lantai dapur penting juga supaya lantai selalu bersih dari tumpahan masakan, minyak atau kotoran lain yang membuat lantai licin.

Dengan memerhatikan langkah keselamatan di dapur di atas, diaharapkan kesibukan memasak akan jadi tambah nyaman, mengasyikkan dan pastinya aman. Tetapi sebagai manusia kita mempunyai terbatasnya, walau telah lakukan usaha mencegah dan minimalisasi kemungkinan kecelakaan dan cedera saat melakukan aktivitas di dapur, beberapa hal diluar sangkaan masihlah dapat berlangsung seperti luka bakar, tumpahan minyak panas, tersengat listrik bahkan juga yang paling beresiko yaitu kebakaran. Oleh karena itu kita mesti lebih siaga dan waspada. Semakin lebih baik jika selain lakukan usaha mencegah zahir juga di dukung dengan usaha batin yaitu dengan memohon keselamatan pada Allah SWT sang maha pelindung dan mengamalkan amalan keselamatan diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s