Jenis-jenis Alat Berat Pada Pertambangan Bawah Tanah

Indonesia adalah negara dengan adanya banyak sumber daya alam yang tersimpan dibawah permukaan buminya. Oleh karena itu, banyak perusahaan pertambangan yang ada di Indonesia, industri jual alat berat pertanian juga berkembang dengan baik di Indonesia. Bicara tentang pertambangan, kita mungkin telah mengetahui satu diantara jenis website pertambangan yaitu, pertambangan terbuka atau open surface mining. Jenis pertambangan satu ini memanglah yang paling banyak dipakai, tetapi, terkecuali pertambangan terbuka masihlah ada satu lagi jenis pertambangan yang juga kerap dipakai, yaitu pertambangan bawah tanah atau underground mining. Ada baiknya bagi pekerja tambang memperhatikan keamanan pada diri sendiri, seerti menggunkana APD lengkap, misalnya sepatu safety, helm, vest, seragam dll. Karena untuk meminimalisir kecelakan kerja.

Image result for Jenis-jenis Alat Berat Pada Pertambangan Bawah Tanah

Pada tambang bawah tanah ini umumnya memakai alat berat pertambangan dengan ukuran yang lebih kecil dibanding dengan ukuran alat berat di tambang terbuka. Ini karena ukuran situsnya yang terbatas tidak sama dengan tambang terbuka yg tidak dibatasi oleh dinding bawah tanah. Di bawah ini sebagian perlengkapan berat tambang bawah tanah, salah satunya :

Continuous Miner

Alat berat ini berperan untuk mengikir baru bara dari dinding dibawah tanah dengan cara terus-terusan (continuous). Mesin ini diperlengkapi dengan drum besi besar bergerigi yang berputar sepanjang alat dioperasikan. Alat ini dapat menambang sekitaran 5 ton batu bara per menitnya. Jauh semakin besar dibanding dengan produksi yang dikerjakan dengan cara manual oleh pekerja tambang di th. 1920-an yang perlu lakukan penambangan sepanjang sepanjang hari agar bisa menambang sejumlah 5 ton.

Scaler

Scaler adalah alat yang dipakai untuk scaling, yaitu merontokkan material yang akan terlepas dari dinding ruang tambang bawah tanah. Ini supaya tak ada material yang mendadak terjatuh dari atas ketika pelaksanaan tambang jalan.

Personnel carrier

Adalah kendaraan yang dipakai untuk mengangkut pekerja dan alat dari permukaan tambang ke tempat pertambangan dibawah tanah.

Underground Truck

Underground truck mempunyai manfaat dan mekanisme kerja yang sama juga dengan haul truck pada tambang terbuka, yaitu untuk mengangkut mineral hasil tambang. Bedanya, ukuran underground truck ini lebih kecil karena keadaan tambang bawah tanah yang mempunyai ruangan gerak yg tidak seluas di tambang terbuka.

Scissor Lift

Scissor lift dipakai oleh beberapa pekerja untuk meraih tempat kerja dibagian yang tinggi. Langkah tersebut sudah pasti lebih aman dibanding dengan memakai tangga umum.

Shotcreter

Shotcreter adalah alat penyemprot semen atau mortar yang dipakai untuk membuat dinding-dinding di tempat pertambangan. Pada pengoperasiannya, shotcreter bukan sekedar menyemprotkan tetapi juga sekalian memadatkan dinding karena kuatnya desakan dari selang. Semen yang disemprotkan ini dapat diletakkan pada bermacam jenis permukaan dan pojok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s