Ditolak Konsumen? Ini Cara Menghadapinya

Untuk seseorang marketing profesional, penolakan sudah menjadi satu hal yang biasa. Tetapi untuk beberapa marketing pemula penolakan dapat membuat semangat mereka luntur. Anda seorang pemula dan ingin tahu cara hadapi penolakan? Simak tips berguna berikut ini.

Tanyakan Dengan Sikap Ramah Kenapa Customer Menolak Tawaran Anda
Tak perlu takut dan sangsi untuk bertanya penyebabnya customer menampik tawaran yang Anda berikanlah. Tanyakan dengan sikap ramah dan tetaplah menghormati apa pun alasan yang mereka berikan. Akan lebih baik lagi bila Anda menuliskan alasan di secarik kertas untuk kemudian dapat Anda pakai untuk mengoreksi diri Anda sendiri. Setelah tahu alasannya, jangan lupa untuk mengatakan terima kasih.

Berkaca dan Bandingkan Diri Anda dengan Beberapa Kompetitor
Cobalah bandingkan penawaran yang Anda berikanlah dengan penawaran yang diberikan beberapa pesaing, seperti beberapa fitur, harga dan manfaatnya. Apakah penawaran yang Anda berikanlah telah lebih baik atau malah penawaran dari pesaing nyatanya lebih baik. Bila memang kompetitor lebih baik, lain waktu buat penawaran yang lebih baik dari sebelumnya.

Belajar dan Asah Selalu Teknik Marketing yang Anda Miliki
Selalu belajar dan asah kemampuan Anda dalam menawarkan satu barang atau layanan kepada beberapa customer. Saat menawarkan, sesuaikan dengan keperluan calon customer dan manfaatkanlah pendekatan emosional pada beberapa calon customer yang Anda hadapi.

Pantang Menyerah dan Berikan Terstimonial dari Customer yang Sudah Membeli Produk Anda
Setelah ditolak dan dengarkan alasan calon customer menolak, janganlah ragu untuk hubungi lagi customer itu dan katakan Anda mempunyai penawaran yang lebih baik. Menawarkan penawaran yang lebih baik dan berikan juga testimonial customer yang terasa senang dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Tumbuhkan Rasa Meyakini dan Percaya Diri yang Lebih
Meskipun sudah sering tidak diterima oleh beberapa calon customer, tetaplah meyakini dan yakin diri kalau Anda dapat menjadi marketing yang handal. Rasa yakin harus datang dari dalam diri Anda sendiri karena bila Anda sendiri kurang yakin bagaimana dapat memberikan keyakinan orang lain untuk beli product atau layanan yang Anda tawarkan.

Anggap Penolakan Sebagai Hal Umum dan Normal
Penolakan dari calon customer tak perlu dibesar-besarkan karena hanya akan membuat diri Anda tak semangat lagi jadi seseorang marketing yang handal dan profesional. Angaplah penolakan sebagai hal biasa dan normal terjadi karena tiap-tiap marketing tentu pernah merasakannya. Penolakan yaitu tanda kalau calon customer butuh info penambahan mengenai produk dan layanan yang Anda tawarkan, dan pekerjaan Anda selanjutnya yaitu menerangkannya dengan lebih komplit dan detil pada beberapa calon customer.

Dalam dunia marketing, penolakan sudah menjadi hal yang lumrah. siapkan mental dan evaluasi ke yang lebih baik. semoga bermanfaat. untuk anda yang sedang mencari ruangan kantor disewakan di jakarta selatan bisa klik disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s