Tips Membuat Suasana Kantor Lebih Produktif dan Sehat

 

  1. Tambahkan tanaman di ruangan kerja

Jangan remehkan kemampuan daun-daun lemah berwarna hijau itu! Nyatanya selain jadi dekorasi, tanaman juga dapat kurangi stress dan menolong mengobati penyakit-penyakit ringan, seperti batuk, sakit kepala, hingga melembapkan kulit kering. Sebuah studi yang dilakukan Dr. Tina Bringslimark dari Norwegian University of Life Sciences dan Uppsala University di Swedia, terungkap kalau karyawan yang bekerja di dekat tanaman lebih jarang jatuh sakit.

Satu diantara alasannya yaitu tanaman menyerap toksin yang di keluarkan oleh mesin-mesin di kantor dan menggantikannya dengan oksigen. Hal semacam ini membuat kualias udara di kantor lebih bersih dan fresh, karena sudah terlepas dari senyawa yang bisa memengaruhi kesehatan karyawan Anda. Tentukan tanaman yang gampang dirawat dan terkenal dengan kemampuan membersihkan udara, seeperti palem bambu, areca palm, atau lidah mertua.

 

  1. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan natural adalah sumber penerangan paling baik untuk kantor Anda. Sangat baik jika kantor Anda memanfaatkan pencahayaan natural yang masuk dari jendela. Alternatif lain yaitu memakai lampu yang mempunyai cahaya paling mirip cahaya natural. Penelitian menunjukkan kalau cahaya natural meningkatkan produktivitas dan mengurangi stress, sekaligus mengurangi kelelahan mata.

 

  1. Pilih furnitur yang ergonomis

Waktu memilih furnitur untuk kantor, pastikan kenyamanannya saat dipakai. Beberapa pakar sudah memperingatkan mengenai bahaya duduk sangat lama. Saat hal itu tidak bisa dijauhi, lebih baik pilih kursi dengan kenyamanan yang baik dan bisa ditata tingginya. Tentukan kursi kantor yang nyaman dan posisikan pada sudut yang tepat. Saat Anda duduk tegak dengan kaki menapak pada lantai, baiknya lengan Anda membuat sudut 90 derajat waktu mengetik untuk hindari sakit punggung dan lengan. Jangan lupa untuk melakukan peregangan dan olahraga ringan di kantor saat badan terasa pegal.

 

  1. Nyalakan aromaterapi

Aromaterapi sudah di kenal bisa membantu menyehatkan psikis dan fisik. Minyak beraroma harum ini memiliki kemampuanmerubah suasana hati, sekaligus tingkatkan konsentrasi dan kesehatan. Aroma tertentu mempunyai kegunaan yang berbeda-beda, oleh karena itu pilihlah yang paling pas untuk kantor Anda. Jangan pernah membuat situasi tambah lemas karena memilih aroma untuk membantu tidur lelap.

 

  1. Take a break

Mengambil waktu sejenak untuk istirahat singkat di dalam hari kerja yaitu cara paling baik untuk beri kesegaran fikiran. Bekerja sangat lama dalam satu pekerjaan yang sama dapat membuat stres, kelelahan, dan hilang konsentrasi. Saat digunakan secara bertanggungjawab, istriahat terbukti lebih berguna untuk karyawan yang bekerja terus-menerus, karena mengembalikan konsentrasi dan motivasi. Istirahat singkat dapat dilakukan dengan berjalan keluar gedung selama beberapa menit untuk menghirup udara segar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s